Analisis Iklan “Kozui Slimming Suit (versi Aura Kasih) Sebagai Motif Harga Diri



Iklan ini merupakan iklan tentang sebuah produk ‘Kozui Slimming Suit’ yang memberikan gambaran tentang efek produk tersebut ke tubuh wanita. Di dalam video iklan ini kebanyakan diselipkan komentar beberapa wanita dan ahli kecantikan mengenai  pengaruh produk tersebut pada tubuh wanita. Para wanita berkata bahwa dengan menggunakan produk Kozui Slimming Suit, mereka merasa lebih percaya diri. Selain testimoni, terdapat pula penjelasan tentang bahan dari produk ini sendiri.

Kozui Slimming Suit  merupakan korset pelangsing dengan infra merah, merupakan model lapisan pakaian dalam dengan teknologi infra merah, yang dapat mengurangi kadar lemak pada tubuh, menurunkan berat badan dan juga menjaga bentuk tubuh, kesehatan dan kebugaran.

B. Pesan
Pesan yang terkandung dari iklan ini adalah, bahwa seorang wanita sangat penting untuk menjaga tubuhnya agar tetap terlihat menarik. Dengan membuatnya terlihat menarik, wanita akan merasa lebih percaya diri melakukan aktivitasnya.

C. Analisis Iklan
Iklan Kozui Slimming Suit merupakan sebuah iklan yang mengangkat motif harga diri. Beberapa testimoni yang disampaikan pada iklan ini mengarahkan kita menjadi lebih percaya diri dan harga diri kita juga akan terangkat jika kita, para wanita, menggunakan produk tersebut. Hal tersebut dibuktikan di beberapa bagian pada iklan ini. Seperti pada detik ke 6-10 ketika Aura Kasih memberikan komentarnya. Ia berkata “Bagi saya, menjaga keindahan tubuh sangat penting untuk menunjang karir saya”. Keindahan tubuh yang mempengaruhi berhasil tidaknya ia dalam karirnya sebagai selebritis merupakan bukti bahwa dengan menjadikan tubuhnya lebih indah, ia akan lebih dihargai di dunia hiburan. Pada detik 47-51 Aura Kasih juga berkata bahwa Kozui Slimming Suit tidak hanya untuk kesehatan tetapi meningkatkan percaya diri. Percaya diri inilah yang akan membuat kita lebih dihargai nantinya. Selain itu, masih banyak testimoni serupa yang disampaikan di dalam iklan ini.

Gaya eksekusi yang digunakan pada iklan Slimming Suit adalah dengan menggunakan Bukti Kesaksian (Testimonial Evidence) seperti dikemukakan oleh Suyanto (2005:131) bahwa “Bukti kesaksian sangat efektif ketika seseorang memberikan kesaksian kepada orang yang menjadi target pasarnya dan kesaksian tersebut menarik untuk diceritakan.”. 

Sedangkan dari jenisnya, iklan ini termasuk iklan jenis Perawatan Tubuh. Iklan dengan jenis perawatan tubuh berisi hal-hal berkaitan dengan masalah-masalah kecantikan dan perawatan tubuh yang dimaksudkan untuk memperindah sebagian atau seluruh tubuh. (Rendra Widyatama, Pengantar Periklanan, 2007, hal 113). Iklan ini memberikan penjelasan bahwa penggunaan produk akan menghasilkan tubuh yang lebih indah.

You Might Also Like

0 comments